Kamis, 02 Agustus 2012

Racun ular cobra masuk ke mulut dan tertelan , apakah berbahaya ?






Ruang praktek bedah - blog dokter ramzi spb | Semprotan racun ular cobra | semprotan racun masuk mulut dan tertelan , Ini adalah kasus nyata yang saya terima pasien laki-laki 28 tahun mengalami rasa panas pada ulu hati dan bagian perut atas setelah disemprot racun oleh ular cobra pada jarak kira-kira 1 meter dan racun tersebut langsung tertelan oleh penderita . Lalu penderita merasa nyeri di ulu hati dan di bawa berobat ke rumah sakit bangkinang bagian IGD . pada pemeriksaan tidak di jumpai kelainan yang bermakna hanya penderita merasa ketakutan.

Terhadap penderita di berikan obat-obat pengurang rasa nyeri dan antasida sirup serta obat-obat anti alergy seperti dexametason. kondisi penderita pada pagi harinya terlihat stabil dan keluhan penderita sudah jauh berkurang.

Baru kali ini saya mendapat pasien seperti ini. Sehingga bagi saya cukup menarik.Hanya saja ke pada kita semua saya sarankan untuk berhati-hati terhadap ular cobra karena ular tersebut dapat langsung menyemprotkan racunnya pada jarak dekat , sehingga jika mengenia mata dapat menimbulkan kerusakan pada cornea mata atau lebih serem lagi dapat menyebabkan ke butaan permanen.

Ada 3 macam cara kerja Tentang bisa ular itu, yaitu neurotoksik, kardiotoksik, dan hematotoksik. Bisa ular berbisa berasal dari protein tertentu yang bersifat antigen yang mematikan. Ada yang bersifat neurotoksik saja, ada yang kombinasi antara kedua dan ketiga sifat toksisitasnya. Di laboratorium patologi klinik sudah diuji cobakan bahwa protein yang 100% berasal dari bisa ular yang paling berbisa itu hanya bersifat mematikan jika melalui aliran pembuluh darah melalui luka. Tetapi bisa ular itu sama sekali tidak mematikan jika ditelan, bahkan akan dikoagulasi oleh asam lambung dan akan diuraikan oleh enzim-enzim pencernaan menjadi asam amino untuk dijadikan manfaat oleh tubuh.

1 komentar:

leave a comment please..