Minggu, 15 Desember 2013

D-dimer kenapa diperiksa ya

Ruang praktek bedah -dokter ramI spb | d -dimer | suatu pemeriksaan laboratorium   spesifik yang dilakukan untuk menilai adanya thrombosis yang sedang berlangsung di pembuluh darah . Terjadinya peninggian nilai D - dimer secara tidak spesifik adalah menggambarkan telah terjadi kemungkinan thrombosis atau malignansi atau infeksi , tapi jika kadar d - dimer tidak meninggi di pastikan bahwa proses thrombosis tidak terjadi.

d-dimer merupakan suatu protein yang di jumpai di darah setelah terjadi pembekuan yang merupakan bagian-bagian dari proses fibrinolisis.Disebut demikian karena memiliki dua fragmen D protein fibrin yang saling berhubungan . D - dimer mulai di kenal dan di periksa sajak tahun 1990 an.

False positif bisa terjadi pada kasus - kasus seperti penyakit liver , faktor rheumatik, malignansi , inflamasi , trauma , kehamilan , baru dilakukan operasi apalagi pada usia tua.
False negatif dapat terjadi jika pemeriksaan dilakukan terlalu awal atau terlalu lambat setelah beberapa hari terjadi proses thrombosis dan pemberian anti coagulan juga dapat memberikan hasil laboratorium d dimer negatif karena menghambat perkembangan thrombus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..