Sabtu, 21 September 2013

Tahu beda Arteri Venous Malformasi dengan Hemangioma.

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | AVM | Arteri Venous Malformasi mesti di bedakan dari Hemangioama. Kondisi di lapangan selalu bias antara hemangioma dengan AVM ini . Banyak sejawat yang keliru dengan penempatan diagnosa pada dua diagnosa kelainan ini . Sehingga setiap pasien yang dirujuk dengan benjolan yang berasal dari pembuluh darah dan ada semenjak lahir tidak akan pernah lari dari diagnosa hemangioma. Padahal kenyataannya hemangioma adalah benjolan yg ada saat lahir dan semakin mengecil untuk selanjutnya berkurang dan menghilang setelah 7 tahun .Sebaliknya pada AVM benjolan ini mulai dijumpai setelah usia 3 tahun dan berpotensi untuk terus berkembang hingga dewasa.



Sejatinya semua kelainan pada pembuluh darah yang di bawa oleh tubuh disebut Vaskular Malformasi dan selanjutnya di bedakan atas hemangioma dan Arteri venous malformasi . Penanganan AVM juga harus kita bedakan atas aliran cepat ( high flow ) dan aliran lambat ( low flow ).

Insidensi atau kejadian malformasi vaskular secara statistik tidak ada perbandingan secara gender dengan perbandingan laki-laki dan wanita adalah 1:1 hal ini akan berbeda dengan pada hemangioma dimana wanita akan mengalami 5 x lebih sering dari pada laki-laki.Disisi lain hemangioma menyerupai sebuah tumor pembuluh darah dengan gambaran mikroskopis berupa hyperplasia dari sel nya sedangkan pada malformasi vaskular tidak di jumpai adanya hyperplasia sel

Penanganan AVM yang sering kita jumpai di Div bedah vaskuler dan endovaskuler RSCM adalah sangat variatif dan rata-rata sangat rumit , kehilangan darah yang hebat dan rekonstruksi yang sulit. Durasi operasi yang panjang membuat tingkat stress operasi juga bertambah sehingga persiapan operasi yang sangat matang akan lebih menentukan tingkat keberhasilan operasi ini.

Persiapan sebelum operasi juga mesti di matangkan sebaik mungkin karena kita mesti membedakan aliran cepat dan aliran lambat . Dimana aliran cepat mesti di cari cabang arteri apa yang memperdarahinya biasanya labih dari satu feeding arteri sehingga luas daerah operasi akang amat lebar guna mencari proximal arteri dan melakukan kendali.

Keyword tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , bagaimana penanganan AVM di Indonesia , apa maksud hemangioma , AVM pada anak , apakah AVM biasa di jumpai pada orang dewasa ?

Bentuk nidus yang berkantong - kantong juga akan membuat kita kesulitan untuk mengontrol perdarahan masif yang akan terjadi . Jangan melakukan coba-coba untuk operasi AVM sebesar kasus di atas atau yang setara.

Pemeriksaan angiografi atau CT angiographi akan sangat membantu kita memastikan lokasi feeding arteri , lokasi drain vein dan organ lain yang berada di sekitar massa nidus. Pemeriksaan MRI dengan kontras dan CT dengan kontras juga dapat di lakukan jika CT angiografi atau angiografi tidak mungkin di lakukan . Pemeriksaan USG sebagai tindakan diagnostik yang tidak invasif masih ada tempat namun mesti oleh ahlinya.
Beberapa kasus avm yg ditangani dalam gambar:


AVM di paha kanan


AVM besar di bokong setelah dilakukan operasi pertama dengan posisi telentang dicari feeding arteri iliaka interna dan di ligasi , selanjutnya dilakukan eksisi massa secara step by step dengan waktu operasi sekitar 8 jam.


AVM pada lidah dan leher dengan tahapan ligasi arteri lingualis kiri dan selanjutnya dilakukan eksisi massa

16 komentar:

  1. Malam Dok,ponakan saya sejak lahir ada tanda hitam kebiruan di mata kaki kami fkr itu hny tanda lahirt,tp beranjak dewasa tanda itu jd membesar menyebabkan kakinya besar sebelah,dan bikin nyeri..skrg dia tgh d rwt di RS dan dokter sdh buat ct scan,hslnya yg di berikan dlm surat adalah Prosedur:Emboli-Sasi Vena.Diagnosa :Malformasi Vena. Haril Venografi : Terlihat vena yg bnk dan berkelok2,ukuran sama dgn Vena Safena,kesan suatu Penous Malformasi.
    Kesimpulan:Di temukan Venous Malformasi pd tungkai bwh sebelah kanan,tlh di lakukan Embolisasi Tempoler..Anjuran :Operasi eksisi Ligasi.
    Yg sy mau tanyakan apakah penyakit itu berbahaya dan apa bisa di sembuhkan?
    Terima kasih sebelumnya Dok dan maaf klo tulisannya terlalu panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mel..mohon maaf sebelumnya jika saya boleh tahu anda berdomisili dimana ? dan saat ini ponakan anda telah berobat di RS mana ? saya butuh info tsb sebelum membahasnya tks

      Hapus
  2. assalamualaikum, .
    maaf mengganggu dok, saya mahasiswa kedokteran sedang meneliti prevalensi hemangioma rongga mulut, saya ingin tahu ada berapa banyak kasus hemangioma mulut yang ada di RSCM y dok ? terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb , selamat malam dan salam kenal ya..nila , anda mahasiswa kedokteran dan tertarik untuk mengetahui prevalensi hemangioma di rongga mulut . Jika boleh tahu anda berdomisili dimana dan di fak kedokteran mana anda menempuh pendidikan ?. Memang benar bahwa kasus hemnagioma di rongga mulut cukup banyak , namun anda mesti bedakan antara hemangioma dengan arteri venous malformasi. Justru kasus di rongga mulut yang banyak di tangani di bedah vaskular dan endovaskular rscm adalah jenis avm , vm atau mix. Jadi pemehaman antara hemangioma tsb yang mesti di perdalam. angka pasti kasus avm ini cukup banyak di rongga mulut bisa di kisaran ratusan namun angka pasti kami belum simpulkan..jika anda butuh data dapat berkunjung ke divisi bedah vaskular dan endovaskular rscm tks

      Hapus
    2. maaf sebelumnya dokter saya baru bisa membalas posting anda, .
      saya berdomisili di palembang dan berkuliah dikedkteran gigi univ.sriwijaya, saya memerlukan data prevalensi hemangioma rongga mulut tersebut untuk data skripsi saya dokter, kasus hemangioma rongga mulut didaerah saya masih jarang dok, untuk itu saya ingin mencoba mencari data prevalensi hemangioma rongga mulut di RSCM dikarenakan setau saya RSCM merupakan pusat rujukan nasional dan kemungkinan kasusnya bisa lebih banyak saya dapatkan, .
      terima kasih ya dok atas bantuan dan jawaban dokter, salam kenal dokter, .

      Hapus
    3. Selamat siang ya nila...kembali kami harus tegaskan anda harus bedakan hemangioma dengan arteri venous malformasi.. karena hemangioma data lengkapnya ada di bagian bedah anak atau bagian anak yang dilakukan terapi medikal saja sebab dalam usia maks 7 tahun hemangioma akan berkurang atau mengecil. dan jarang dilakukan operasi . sedangkan data yang ada di bedah vaskular adalah data avm tadi . jadi untuk data hemangioma yg lengkap ada di bag bedah anak ...tks

      Hapus
  3. Ass dok saya ika, saya pernah operasi dibawah lidah dan hasil lab dari jaringan operasi saya menyatakan saya terkena hemangioma kavernosa namun kenapa sampai saat ini lidah saya masih ada benjolan dan terkadang gatel serta nyeri ya dok? Mohon bantuannya dok, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb , selamat malam dan salam kenal ya ika ..Hemangioma adalah sejenos tumor pembuluh darah yang lebih bersifat lokal dan akan mengalami regresi atau pengecilan sendiri hingga usia 7 tahun , sementara tumor pembuluh darah lain seperti venous malformasi atau arteri venous malformasi justru akan berkembang terus sesuai dengan pertambahan usia dan sulit untuk di sembuhkan meski telah di lakukan operasi dan dirasa bersih karena pembuluh darah yang sebelumnya normal bisa menjadi melebar juga karena perkembangan yg progresif. jadi sering kita mesti melakukan operasi beberapa kali karena rekurentsi dari tumor pembuluh darah jenis AVM . Jadi pada kasus ini mesti anda curigai suatu avm pada rongga mulut dan ini sering kali kita jumpai di lapangan. tks

      Hapus
  4. Terima kasih dok atas infonya, mohon maaf saya menanya lagi. Apakah penyakit jenis ini dpt menjalar ke bagian tubuh lainnya sedangkan saya terkena ini pada lidah bawah sebelah kiri saya? Lalu apakah ada efek samping yg ditimbulkan akibat penyakit ini dan dapatkah penyakit ini sembuh hanya dgn berobat jalan ataupun minum obat saja dok tanpa harus operasi lagi?
    Mohon infonya lagi dok, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..penyakit malformasi arteri dan vena ini tidak menular atau menjalar. tidak ada obat untuk menghilangkannya selain dengan operasi atau memberikan suntukan pada daerah venanya agar melengket. Efek yang mungkin timbul adalah jika terlalu tegang dinding pembuluh darah pada avm ini bisa pecah dan menimbulkan perdarahan yang banyak ...anda dapat berkonsultasi ke seorang ahli bedah vaskular dan endo vaskuler di tempat anda berdomisili . Atau jika anda di jakarta anda dapat datang ke poliklinik bedah vaskular dan endovaskular rsupn ciptomangunkusumo jakarta. mohon kontak dulu kami jika akan datang tks

      Hapus
  5. assalamu'alaikum..

    dokter...

    apakah malformasi vena limfatik itu tumor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya Malformasi vena , arteri atau limfe adalah suatu kelainan bawaan dari lahir berupa bentuk pembuluh yang ada memiliki perbedaan dengan pembuluh normal . adanya pembuluh yang lebih lebar , lebih banyak cabang 2 , adanya benjolan seperti trombus bahkan adanya benjolan yang keras seperto batu atau di sebut dengan phlebolith dll. bentuknya menyerupai tumor namun khusus untuk bagian pembuluh darah saja. dan ini cenderung jinak atau bukan kanker. namun sangat beresiko untuk berdarah yang berbahaya. tks

      Hapus
  6. assalamu'alaikum dokter,

    Saya mempunyai anak berumur 16 bulan dari lahir anak saya di diagnosis terkena hemangioma pada telapak tangan kanannya. Pada umur 2bln saya dapat rujukan ke RS Harapan kita untuk pemeriksaan lebih lanjut dan di Harapan Kita anak saya di usg dengan hasil hemangioma manusdekstra (klo ga salah inget hehe) penanganan dari dokter RS tersebut anak saya dikasih propanolol 2x sehari dan sudah saya jalani sampai setahun (umur 2 bln-14 bln) dan perkembangan tangan anak saya sudah lumayan mengecil, tetapi pada umur 14bln dokter mencoba memberhentikan obatnya selama kurleb 6minggu dan tangan anak saya bengkak kembali. Pertanyaannya:
    1. Apakah anak saya tidak membutuhkan penanganan lain selain minum propanolol 2x sehari?
    2. Berbahayakah penyakitnya mengingat begitu obatnya dihentikan tangannya langsung membengkak kembali?
    3. Apakah anak saya bisa dioperasi / laser?
    4. Jika saya konsultasi ke RSCM harus kebagian mana dan apakah ada referensi dokter terbaik untuk penyakit ini?

    Saya sangat menunggu jawaban dokter. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. assalamu'alaikum Dokter,

    Saya mempunyai anak berumur 16bulan dan sejak lahir anak saya di diagnosis hemangioma pada telapak tangan kanannya. Pada umur 2bln anak saya dirujuk ke RS Harapan Kita untuk pemeriksaan lebih lanjut. Di Harapan Kita anak saya menjalani USG dengan hasil Hemangioma Manusdekstra dan diresepkan propanolol 2x sehari. Anak saya mengkonsumsi propanolol selama 1th (sd umur 14bln) dengan perubahan pengecilan pada telapak tangannya dan pada saat itu dokter memustuskan untuk menghentikan pemberian obat, namun selang 6minggu setelah obat dihentikan tangan anak saya bengkak kembali dan anak saya jadi rewel seperti kesakitan akibat pembengkakan tersebut. Pertanyaan saya dok :
    1. Apakah penyakit anak saya termasuk kedalam penyakit yang berbahaya?
    2. Adakah pengobatan lain selain meminum obat propanolol agar cepat sembuh?
    3. Apakah anak saya bisa dioperasi / laser?
    4. Jika saya ingin konsultasi ke RSCM, bagian mana yang harus saya datangi dan adakah rekomendasi dokter untuk penyakit anak saya?

    Saya sangat menunggu jawaban dokter, terima kasih dok.

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum. Dokter saya mau tanya, saya punya keluhan dipaha kanan atas. Diagnosa terakhir itu Malformasi Vascular dan saya sudah menjalankan tahap embolisasi. Yg saya mau tanyakan, ini memar post embolisasinya melepuh dok dan infeksi. Penanganannya gimana dok? Dan paha saya masih terasa sakit seperti sebelum embolisasi, apa ini bisa sembuh dok??

    BalasHapus

leave a comment please..