Kamis, 19 September 2013

Anencephali , suatu kasus jarang yg terdokumentasikan..

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Anencephali | merupakan kondisi dimana anak lahir dalam keadaan tanpa tulang kepala dengan kurang atau tidak lengkapnya otak penderita saat lahir ke permukaan bumi. Saat datang tampak kondisi pasien tidak baik pasien saat di bawa telah lahir sampai 24 jam . Tampak bentuk wajah yang telah lebam kebiruan sebagai gambaran hypoxia atau kekurangan oxigen sejak lahir. Kami memperkirakan bahwa kondisi bayi ini akan semakin kurang baik untuk kedepannya. Terhadap penderita ini guna perwatan yang lebih baik kami revers ke bagian bedah syaraf dan bedah anak di provinsi.


Kondisi sang bayi saat datang ke poliklinik bedah



Anencephali merupakan kasus langka berupa kelainan atau defek yang terjadi pada tulang kepala , lapisan-lapisan tulang kepala dan jaringan otak. Keadaan ini muncul akibat kelainan saat perkembangan embriyonal. Terjadi saat perkembangan bagian kepala yang gagal menutup biasanya pada perkembangan janin minggu ke 23 - 26 . Dalam perkembangannya sering di jumpai bahwa bagian yang hilang tersebut adalah cerebral beserta kortex nya sehingga kemampuan cognitif akan hilang.

Sering otak yang sudah tidak lengkap akan terlihat dan terekspos dari luar sehingga berpotensi untuk untuk mengalami infeksi dengan mudah dan cepat , sehingga pasien tersebut akan tidak sanggup bertahan lama di dunia ini.

Bagi wanita yang mempunyai anak dengan kelainan anencephali maka sekitar  3 %  anak ke dua akan mengalami kelainan anencephali..Begitu juga wanita yg mengkonsumsi obat epilepsi jangka lama dan  wanita dengan kelainan insulin dependen diabetes juga berpotensi besar untuk mengalami neural tube defek dan merupakan cikal bakal potensi melahirkan bayi dengan kelainan anencephali.

type dari anencephali adalah mero anencephali - holo anencephali - craniorasischisis .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..