Minggu, 27 Januari 2013

Tertusuk jarum pada pergelangan tangan kanan saat mencuci , lebih dari 1 bulan

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | tertusuk jarum pada pergelangan tangan | terjadi saat mencuci pakaian dengan tangan tertusuk oleh jarum pada pergelangan tangan yang berasal dari pakaian yang di cuci . namun hal ini tidak atau kurang di anggap serius oleh penderita namun karena kejadian sakit dan bengkak yang berulang , penderita kontrol ke poliklinik bedah setelah 1 bulan kejadian .




Penderita adalah seorang wanita usia 30 tahun datang dengan keluhan nyeri pada pergelangan tangan setelah menyuci pakaian 1 bulan yang lalu , terasa sakit dan terutama waktu bekerja dan melakukan aktifitas dengan tangan kanan.

Pada pemeriksaan pergelangan tangan kanan penderita terlihat membengkak dan benda asing yang dinyatakan penderita tidak teraba dengan manual .

pada pemeriksaan radiologi terlihat sebelum di lakukan pembuatan foto x ray di buat marker atau penanda dengan jarum yang di silangkan untuk memastikan posisi persis dari benda asing tersebut. Sebenarnya untuk melakukan pemeriksaan lebih teliti adalah dengan menusukkan jarum suntik steril tegak lurus pada lokasi yang di curigai untuk lebih menentukan seberapa dalam posisi benda asing dan lebih memudahkan untuk melakukan pencarian atau eksplorasi benda asing tersebut.

Kenyataannya sering terjadi dalam pembedahan benda-benda halus atau benda - benda yang kecil di dalam otot tubuh jika di ibaratkan hampir seperti mencari jarum dalam sekam sebab tidak jarang benda tersebut tidak berhasil di dapat.Jadi persiapan yang matang dan strategi yang jitu amat menentukan keberhasilan dari tindakan pembedahan.

Terkadang insisi yang telah begitu besar dan jaringan yang rusak sudah cukup luas namun benda asing yang di cari tak kunjung dapat sehingga membuat stress dan panik sang ahli bedah atau operatornya.Bagi saya pribadi jika gagal maka penderita ini harus di ulang pembuatan x - ray untuk re assesment dan melihat tanda-tanda pada marker yang terdekat untuk melakukan pencarian.

                      


















Berikut ini adalah haril radiologi pada pergelangan tangan kanan penderita tadi pada posisi penganbilan dari depan dan dari ramping.Tampak yang bersilang itu adalah marker yang kita buat dengan posisi bersilang sehingga bisa di perkirakan atau di prediksi pada posisi pandangan dari depan ternyata benda asing tersebut adalah sebuah jarum pada posisi ditengah tidak jauh dari ujung jarum marker yang tengah dengan posisi jarum masuk sedikit miring dan tegak .

Sementara pada posisi penglihatan dari samping tampak jarum berada cukup dalam dari ujung jarum dan permukaan kulit. Bermodalkan hasil radiologi ini maka di putuskan untuk dilakukan pencarian jarum atau benda asing tersebut.




Kondisi daerah operasi sesaat setelah dilakukan pencarian dan dalam setengah jam peluru akhirnya di jumpai sesuai dengan analisa dan prediksi lokasi.


Ini adalah benda asing yang berhasil di evakuasi dari pergelangan tangan penderita , sebuah patahan jarum yang sangat halus berada di serat-serat otot telapak tangan penderita.jarum tersebut ternyata telah berwarna kecoklatan sesuai warna karat pada logam . dan penderita tersebut telah di lakukan pemberian anti tetanus serum saat pulang.

key word tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi , mencari jarum di pergelangan tangan , cara penangan benda asing di otot , posisi rontgen pada pergelangan tangan , penatalaksanaan tertusuk jarum logam pada telapak tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..