Senin, 14 Januari 2013

Lobang pada dada kanan : Tampak tulang iga , paru-paru dan rongga perut

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb : Rongga pada dada kanan |  akibat abcess pada paru yang menyebabkan terlihatnya organ paru , usus dan tulang iga . Kondisi penderita saat datang sangat jelek dimana badan sangat kurus dengan pus yang banyak disertai bau yang tidak sedap akibat luka yang sangat kotor dan infeksious.                  


Penderita adalah seorang anak muda , laki-laki umur 28 tahun , sudah berkeluarga , mengalami luka dengan borok seperti ini sudah 3 bulan lebih mula-mula kecil lalu makin membesar . penderita telah berobat ke beberapa rumah sakin dan puskesmas sebelum berjumpa dengan kami.

Penderita ini dari pemeriksaan darah di jumpai adanya Hemglobin yang sangat rendah pada awalnya 6 gr % lalu penderita di tambah darah dengan tranfusi darah PRC sampai Hemoglobin mendekati 8 gr % dan di lakukan konsultasi dan diskusi dengan spesialis penyakit dalam di jumpai adanya kelainan sel darah putih yang terkesan ganas atau di sebut juga leukemia sehingga lengkap sudah keadaan umum yang jelek dan kemungkinan penyembuhan yang kurang baik.

Protein albumin tubuh penderita ini juga sangat buruk pada kisaran angka satu dan di persiapkan pemberian albumin. Lalu untuk mencegah infeksi meluas dilakukan segera pembersihan daerah yang mengalami infeksi . Dengan pembiusan umum dilakukan pembersihan daerah operasi dengan Cairan normal salin sampai bersih , jaringan yang busuh di buang dan tulang iga 11 kanan penderita di potong sebab telah mengalami infeksi atau osteomyelitis. selanjutnya dilakukan perawatan daerah infeksi secara terbuka dua kali sehari.

                                                                                
Pada foto thorak posisi foto dari depan tampak gambaran paru-paru yang sebelah kanan tidak terisi oleh udara terutama pada bagian bawah sedang paru kanan  atas dan paru kiri terlihat hitam yang menggambarkan masih terisi udara atau terkesan masih baik . penderita secara umum telihat sesak dengan frekwensi nafas 24-26 x / menit.

                                                                                  
kondisi luka setelah dirawat selama 1 minggu mulai memperlihatkan perbaikan , granulasi yang mulai tumbuh dan kondisi penderita secara keseluruhan terlihan segar.Lalu penderita karena sudah merasa membaik meminta untuk pulang atas permintaan sendiri dan rawat dengan dokter di puskesmas yang dekat denga rumah...                                                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..