Kamis, 23 Februari 2012

amputasi chopart yang dilakukan antara pengalaman dan hasil akhir yg diharapkan..

 
Seperti amputasi lisfranc , amputasi chopart adalah tindakan amputasi pada level kaki depan atau kaki tengah.Dan umumnya penderita mengalami gangguan melangkah atau berjalan.Namun pada lisfranc tentu lebih baik dari pada amputasi chopart.Pada amputasi chopart akan membentuk deformitas equinus.

ChopartChopart
Gambar ini memperlihatkan suatu tindakan amputasi melalui sendi calcaneal - cuboid dan talonavicular atau di sebut chopart  level.








pasien laki-laki 48 tahun mengalami kecelakaan lalu lintas 12 jam sebelum sampai di IGD dengan perdarah yang terus mengalir sedikit-sedikit.Kondisi pasien stabil setelah dilakukan pemeriksaan lab da foto thoraks dan foto pedis dekstra pasien di konsulkan ke ahli penyakit dalam dan ahli anestesi untuk rencana amputasi chopart sesegera mungkin.Karena sudah tidak mungkin untuk di pertahankan lagi dan hanya se utas tendon yang masih bertahan.

Seluruh os metatarsal perderita mengalami fracture dan di lakukan pembuangan sampai ke sendi tarso - metatarsal setelah di lakukan debridement dan membuang jaringan yang curiga infeksius dilakukan upaya menutup kulit namun sulit di lakukan sehingga di putuskan untuk di ambil tindakan chopart amputasi .



Foto klinis tampak depan
































foto klinis dari samping












X ray post amputasi chopart





Klinis post amputasi chopart setelah 2 tahun

Setelah dilakukan operasi amputasi chopart kami berjumpa kembali dengan pasien yang di operas 2 tahun yang lalu , kondisi penderita sudah baik dan dapat beraktifitas dan bekerja sebagai tenaga sekuriti di suatu perusahaan swasta. Mdifikasi sepatu dan kaus kai yang baik telah membuat senyum sang bapak mengambang saat berjumpa dengan kami . dan bapak ini dapat berjalan tampa mengggunakan sepatu dengan baik dan stabil. tks ya Allah...

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , gambaran hasil akhir suatu operasi amputasi chopart suatu kasus , amputasi chopart penderita masih dapat bekerja dengan baik , dengan chopart pasien bisa jalan tanpa tongkat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..