Sabtu, 08 Maret 2014

Vertigo (ruangan rasa berputar) tidak pernah sembuh hati2 mungkin ada sumbatan atau penyempitan arteri vertebralis ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Stenosis Arteri vertebralis | Salah satu gejala penyakit yang paling sering di rasakan oleh umat manusia di permukaan bumi ini adalah sakit kepala dan pising , banyak terminasi yang di pakai untuk mengungkapkan rasa sikit dan pusing di kepala . ada pusing tujuh keliling , sakit kepala rasa mau pecah , sakit yang berdenyut , rasa berputar , sakit serasa bumi akan runtuh atau sakit kepala sebelah dll. Semua istilah-istilah di atas secara gamblang menggambarkan bahwa sangat banyak deskripsi sakit pada kepala ini . Dan so pasti etiologynya alias penyebab terjadinya juga amat variatif. Mencari penyebab sakit kepala yang pasti tentu tidak mudah boleh dibilang seperti mencari jarum dalam sekam pula.Lalu pernahkah terpikir oleh anda sumbatan arteri vertebralis bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala seperti berputar atau bergoyang seperti orang berada di atas kapal dengan ombak yang besar ?


non visibel arteri vertebralis kiri dan kanan

Pembuluh nadi vertebralis merupakan pembuluh arteri yang jarang di kenal awam , jarang tersentuh karena letaknya di daerah yang sulit dan dipagar dengan susunan tulan dan ligament  yang kuat. arteri vertebralis inii ada sepasang yang berasal atau merupakan percabangan langsung dari arteri carotis utama yang mendarahi otak dari leher bagian depan. Dari sini jelas terlihat bahwa kepala kita memiliki sumber supliy atau supplier darah yang cukup depan , belakang , kiri dan kanan. Perjalanan arteri vertebralis ini yang berada di samping dari pembungkus syaraf spinalis dan sebagai sumber yang mendarahi daerah spinal sampai ke otak belakang berganti nama menjadi arteri basilaris dan terhubungan dengan sirkululus willisi untuk mendarahi seluruh jaringan otak

Jadi keempat arteri tersebut :  seperti arteri carotis yang sepasang dan sepasang arteri vertebralis di belakang akan merupakan  sumber darah dan kalori untuk berpikir , bergerak , sensasi , berbicara dan lain sebagainya.

Mesti di pahami bahwa sumbatan atau emboli yang lepas pada arteri carotis akan menyebabkan datangnya penyakit stroke non iskemik atau stroke akibat sumbatan.Hal yang berbeda akan dijumpai pada arteri vertebralis karena sumbatan atau penyempitan pada arteri vertebralis sangat jarang menyebabkan stroke. Tapi harus di pahami bahwa sumbatan pada arteri vertebralis akan menyebab kan munculnya keluhan-keluhan lain akibat hypoxia atau rendahnya kadar oksigen di batang otak sesuai dengan basis science di bedah vaskuler saat ini bahwa penganganan permasalahan pembuluh darah mesti berbasis daerah yang di perdarahinya alias angisom tekhnik. Sehingga lebih selektif , lebih spesifik dan lebih fokus . Jangan pernah mengganggu pembuluh darah yang bukan angisom dari daerah yang sakit sebab akan menyebabkan timbulnya permasalahan baru yang lebih luas dan tidak terprediksi sebelumnya.

Apa itu vertebral insufisiensi  ? merupakan kurangnya suplay darah dan oksigen ke batang otak yang akan menimbulkan gejala khas berupa rasa ruangan seperti berputar , berkunang-kunang dan seperti orang yang mabuk atau teller ( vertigo , dizziness dan fainting ).




epidemiologi ( Sebaran )
Beberapa penelitian di dunia telah mengungkapkan bahwa sekitar 20% - 33 % sumbatan atau penyempitan arteri vertebralis dapat menyebabkan serangan stroke . Sumbatan pada arteri vertebralis kiri 22% lebih tinggi dari arteri vertebralis kanan yaitu 18 % dari suatu penelitian dan dianggap sebagai penyumbang kejadian stroke ke dua setelah stenosis pada arteri carotis.


Jadi jika dalam kehidupan sehari-hari anda sering mengalami simptom atau keluhan di atas maka salah satu yang mesti dipikirkan sebagai penyebab adalah sumbatan atau penyempitan arteri vertebralis ini

Secara prinsip dan logika berpikir bahwa terjadi sumbatan pada arteri vertebralis ini adalah sama saja dengan cara terjadi sumbatan pada arteri-arteri lain di tubuh kita . Faktor , gaya hidup , penyakit gula atau diabetes , pola makan yang tidak sehat , kurang bergerak dan berolahraga , lama terbaring karena sakit yang kronis , rendah mengkonsumsi air putih , darah tinggi yang tidak terkontrol dll.

Agar terhindar dari penyakit ini kita mesti melakukan pengontrolan terhadap faktor resiko atau faktor pemberat yang akan memudahkan terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

Apa yang sebaiknya di lakukan jika telah dijumpai adanya keluhan atau simpton vertebral insuffisiensi , lakukan pemeriksaan yang teliti ke bedah pembuluh darah untuk dilakukan pembuatan USG , CT contras , atau ct angiografi . Pemeriksaan yang lebih invasif juga dapat di lakukan dengan pemeriksaan arteriografi di cath lab dengan design untk dilakukan arterigrafi dan arterioplasty jika di jumpai adanya stenosis atau sumbatan tersebut terdeteksi saat pembuatan arteriografi .

Pilihan operasi terbuka setelah terdeteksi melalui ct angiografi pada arteri vertebralis juga dapat di lakukan namun resiko dan lama rawatan akan lebih tinggi . Seperti kematian , infeksi , stroke , serangan jantung dan perdarahan dapat mengintip sewaktu-waktu .



Free Shipping on Assistive Furniture from MedicalSupplyDepot.com - Shop Now!


 keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , akibat penyempitan arteri vertebralis , simptom stenosis pemuluh nadi vertebralis , rasa berputar akibat ggn arteri vertebralis , segala sesuatu tentang pembuluh arteri tulang belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..