Senin, 11 November 2013

Kemotherapi ....jangan takut vaskular port akan memudahkan jalur

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | kemoterapi port | merupakan akses vaskular yg saatini sangat disenangi oleh penderita kanker sebagai jalur atau jalan untuk akses pembuluh darah untuk memasukkan obat - obat khemotherapi yang nota bene merupakan obat dengan BM yg besar dan reaksi yang hebat terhadap pembuluh darah kecil . Dahulu pasien yg telah mendapat obat kmotherapi akan tampak daerah vena yg disuntikkan akan mengalami kehitaman dan pembuluh darah balik tersebut akan mengalami kerusakan sehingga tidak dapat di gunakan untuk masa berikutnya.


Kebanyakan dokter ahli yang akan melakukan pemberian suntikan khemotherapi karena mesti dilakukan secara berulang-ulang untuk waktu yang cukup panjang , lebih senang melakukannya melalui akses khemotherapi port. lebih  mudah dilakukan , tidak menimbulkan efek nyeri karena pembuluh darah yg di gunakan adalah pembuluh darah besar seperti jugularis interna dan tentu saja tidak merusakdinding dari pembuluh darah yang relatif lebih tebal.

Seperti terlihat pada foto , port tersebut terletak di rongga dada yng tidak menyebabkan gangguan saat beraktifitas dan berkerja , atau saat mandi dan tidur . Letaknya yg di bawah kulit , seolah seperti pembuluh darah yang dapat di gunakan kapanpun diperlukan . Dapat juga sebagai jalur infus biasa dengan menggunakan alat khusus yang telah di persiapkan yang disebut sebagai sulken , pemberian obat-obatan atau nutrisis sangat baik dan sangat aman untuk dimasukkan melalui akses ini.

Diameter post yg hanya sekitar 1,5 cm cukup kecil untuk bisa di sembunyikan dengan aman di bawah kulit dada anda . Tentu syaratnya luka bekas operasinya yg telah tertutup dengan baik yaitu sekita 2 minggu setelah pemasangan jika tidak ada masalah maka anda sudah bisa beraktifitas dan mandi seperti sebelum dilakukan pemasangan port.

Lamanya port khemoterapi ini terpasang adalah selama 1000 x penyuntikan itu adalah idealnya . Hal ini sangat tergantung dari perawatan port kulit di atas port sebelum dan setelah penyuntikan harus dijaga dari infeksi , keenceran daerah saluran dan chambert dari port juga mesti di lakukan setelah pemakaian , penyuntikan heparin dengan pengenceran adalah mutlak mesti dilakukan jika tidak ingin terjadi kerusakan port dalam waktu singkat.

keyword tag : Ruang praktek bedah dokter ramzi , port akses khemotherapi , gimana cara paling nyaman untuk akses khemotherapi , cara mudah memberi nutrisi parenteral , akses vena sentral , jalur infus kemo yg baik ,  sakit kemo dari infus , kemo kanker payudara dari alat yg di tanam di bawah kulit. kenapa khemotherapi dari port di kulit?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..