Minggu, 09 September 2012

Ganglion , sibandel pada daerah sendi.......


Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | ganglion | Ganglion adalah benjolan yang sering dijumpai  pada persendian terutama pada pergelangan tangan sampai ke jari-jari dan pada sendi lutut sampai ke jari-jari kaki .Benjolan ini sering tidak nyeri tetapi jika telah membesar dapat juga terasa pegal , kemungkinan akibat regangan pada otot akibat adanya massa atau tekanan pada otot dan tendon.








Benjolan bisa juga di jumpai pada daerah lain akibat robekan pada pembungkus otot atau tendon sehingga terbentuk benjolan yang berisi cairan yang kenyal seperti jelly.Jika anda pernah meraba oli atau salep cair dan kental,kira-kira hampir seperti itu kandungan cairan ganglion tersebut. WArna jelly ini biasanya bening.Umumnya ganglion ini dapat terjadi akibat trauma keras atau trauma berulang-ulang .

Besaran ganglion bervariasi tergantung lokasi , daerah belakang dari lutut merupakan tempat ganglion yang sering besar sering di sebut sebagai ganglion popliteal atau baker cyst.bisa mencapai diameter 15 cm atau lebih dan yang terkecil sering di jari-jari tangan.




Benjolan di lokasi ini sangat besar kemungkinan bahwa ini merupakan ganglion . Ganglion ini dikenal sebagai benjolan yang bandel artinya kemungkinan kembalinya cukup tinggi . Banyak cara dilakukan orang untuk menghilangkan benjolan ini . Ada yang ditekan-tekan dengan keras sehingga selaput atau kantongnya pecah dan cairan sendi atau cairan jelly yang ada di dalamnya keluar dan menyebar di bawah kulit . Cara ini juga gampang kembalinya karena kantong tidak di buang dan sumber cairan yang berasal dari sendi masih ada jalan atau track nya.

Ada juga yang di sedot atau di aspirasi dengan jarum yang besar tapi ini cukup sulit karena cairan yang seperti jelly itu susah di sedot.Dan jika bisa kempes , angka kembalinya juga tinggi dan cepat karena kantongnya masih utuh.

Pilihan yang sering di lakukan adalan melalui operasi dengan membuang kantongnya sampai kedasar track atau saluran jika berasal dari kantong tendon lebih kecil kemungkinan kembali asal kantong di buang sampai bersih.Ganglion yang bandel adalah ganglion yang berasal dari sendi sehingga kantong tidak dapat di buang secara utuh , sehingga harus di lakukan penjahitan kantong dan pengikatan dengan benang yang tidak di serap.



Kesulitan operasi ini jika telah di operasi berulang kali maka diameter rongga atau lobang saluran semakin besar sehingga operasi kedua , ketiga dan seterusnya jika gagal akan menyebabkan lobang salurannya semakin besar.Sering sebelum operasi saya selalu harus memberi tahu bahwa kemungkinan kekambuhan operasi in cukup sering .

key word tag : Ruang praktek bedar dr ramzi spb | ganglion | ganglion popliteal | bandel | sering kembali


13 komentar:

  1. selamat siang dok ..
    anak saya pipinya pernah terbentur tongkat sapu,,akibatnya pipinya menjadi cekung ke dalam dan di sampingnya terdapat benjolan sbesar biji kacang hijau jika di raba akan terasa keras.
    apakah itu ganglion?
    bagaimana penanganannya?
    adakah jaln lain selain di bedah dok?
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas rahmat maaf jk baru sempat membahasnya saat ini. Benjolan pada pipi , apa lagi jelas akibat trauma besar kemungkinan bukan suatu ganglion . sebab ganglion adalah benjolan yang sering muncul pada sendi dan sarung tendon. jika ada benjolan di pipi paling mungkin suatu kista yg berasal dari kelenjar rambut atau dari hematom akibat trauma tadi. sering jika kista sebaiknya di operasi karena kantongnya harus ikut di angkat jika tidak benjolan akan mudah kembali.Namun jika abses atau hematom dapat di insisi atau di aspirasi karena tidak di tutupi oleh selaput atau kantong. tks

      Hapus
  2. malam dok saya mau bertanya, di leher belakang saya tepatnya di pangkal rambut daerah sebelah kiri dan di tulang dekat telinga bagian belakang terdapat benjolan kecil sekitar 0,5 cm, sepertinya akibat ikatan yg terlalu keras dan terus menerus dari ciput yang saya gunakan karena saya memakai jilbab. apa itu bisa disebut dengan ganglion juga dok, lalu bagaimana sebaiknya penanganannya dan bagaimana jika dibiarkan terlalu lama? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya mbak hasna ..., Ganglion sangat jarang ada di daerah leher atau kepala . Saya cenderung itu suatu kista atau lipoma jika lembek . Namun jika di daerah yang sering tergesek dan anda punya bakat maka bisa saja itu suatu keloid jika benjolan tersebut keras dan gatal . kalau kista dan lipoma dapat langsung di buang dengan pembiusan lokal tapi jika keloid anda mesti berhati-hati karena kemungkinan kembalinya cukup tinggi...tks

      Hapus
  3. Selamat malam dok. saya pernah menderita retak/tergores tulang di lengan kiri bagian otot kemudian terdapat benjolan. dan akhirnya saya ke rs, pertama benjolan tersebut disedot oleh dokternya kemudian keluar nanah. dokter bilang benjolan tersebut infeksi karena sudah terlalu lama, dan nanah tersebut di bawa ke lab hasilnya steril. setelah disedot kempes, dan berselang 4 hari timbul lagi benjolan tersebut. kemudian saya biarkan dan benjolan tersebut pecah mengeluarkan nanah yg lumayan banyak ketika saya sedang tidur, dan terbangun. kemudian lengan dalam otot kiri saya bolong setelah benjolan tersebut pecah. saya bersihkan setiap hari bolongan tersebut dgn menggunakan cairan antiseptik setiap harinya. terkadang masih sering keluar nanah dan menetes. kemudian setelah beberapa bulan bolongan tersebut tertutup dgn sendirinya. setelah itu terdapat benjolan kecil bergeser sedikit dari bekas benjolan yg lama. adakah solusi untuk menyembuhkan benjolan yg ada di lengan otot saya ini dok? dan kalau semakin dibiarkan akan semakin membesar lagi benjolan tersebut? ohya saya patah tulang tahun 2011, pada tahun 2011 saya kira hanya keseleo biasa dan saya urut ke ahli urut di dekat mess tempat saya, karena waktu itu saya sedang berada di malaysia menjalankan OJT selama 6 bulan. saya baru tau patah tangan tahun 2013 setelah benjolan tersebut infeksi dan sedikit besar dan memerah setelah saya ronsen ke rs hasilnya tulang lengan bagian otot saya retak/tergores walaupun sedikit. dan sekarang bila lengan dalam otot kiri saya raba masih terasa sedikit ada benjolan yg kecil banget. sampai sekarang saya masih merasa khawatir. mohon pencerahannya. dan adakah cara lain selain harus dibedah/dioperasi dok? Terima kasih banyak dok. saya beruntung dan senang sekali bisa mengunjungi blog dokter. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas windi ... terimakasih anda telah berkunjung ke blog kami dan semoga dapat menambah wawasan anda . Anda mengalami benjolan bernanah yang berulang sekitar 3 tahun yang lalu di sedot dan keluar nanah dan kemudian masih terus mengalir . ada potensi infeksi yg tersimpan didalam . Sebelumnya 3 tahun yg lalu anda pernah kecelakaan dan mengalami retak atau patah pada daerah yg infeksi ini. sayangnya anda kurang menginformasikan apakah saat patah tersebut juga ada luka ? jika ada itu akan menjadi sumber infeksi yang akan menjadi dorman atau tersembunyi di situ.

      Jadi kami curiga adanya infeksi pada tulang lengan anda akibat adanya paparan kuman yg masuk melalui luka pada kulit sekecil apapun . apalagi jika saat kejadian tidak diberikan anti infeksi yang baik pada kesempatan pertama.

      Perlu anda ketahui jika telah terjadi infeksi pada tulang lengan akan tetap mengalami infeksi selamanya , kecuali tulang yang mengalami infeksi itu di buang . Coba anda periksakan ke ahli bedah tulang apa ada gambaran infeksi tulang yg kronis , Ini sering di sebut sebagai osteomyelitis..Jika osteomyelitis sudah pasti
      maka operasi untuk membersihkan sequestra atau tulang yang terinfeksi harus di ambil jika anda ingin infeksinya hilang. tks

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum wa rohmatullahi wa barokatu dok Ramzi .

    Perkenalkan nama saya Adit. Saya punya bejolan di pergelangan tangan tepat'a pergelangan yg atas dan posisinya di tengah seperti gambar2 kista ganglion yg lain di google.
    Sudah cukup lama se dok, udah mau jalan 3tahunan sama sekarang. Dan dulu awalnya kecil kemudia aga membesar sedikit. Tapi karna sya tdk betah akhir'a saya menbenturkan tangan saya ke tembok. Dan itu terasa sakit sekali tapi kebesokan'a ilang dok.
    Tapi Seminggu kemudia dia timbul lagi dan sampai sekarang sudah membesar dan keras.
    Saya diamkan saja sampai saat ini, saya bingung. Saya mau operasi tapi masih takut dengan resiko akan kemunculan'a lagi. Kata orang2 yg sudah di operasi sya baca di internet, operasi'a yg bersih tidak akan muncul lagi. Tapi kalo tidak bersih kemungkinan besar'a akan muncul kembali dan yg sehabis operasi akan lebih besar lagi dari yang sebelum'a dan akan terasa sakit kata'a gitu dok. Mohon saran dan pencerahan'a dok
    Terims Wassalamu'alaikum wa rohmatullah wa barokatu dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr wb salam kenal ya mas adit..Dari penuturan anda saya hampir yakin bahwa benjolan pada pergelangan tangan anda adalah suatu ganglion. Ganglion ini biasanya berasal dari bagian sendi pergelangan tangan yang mengalami trauma yang berulang yang sering menggunakan pergelangan tangan untuk bekerja keras spt orang yg berkerja mencuci pakaian , mencangkul atau yg sejenis.sehingga cairan sendi yang selalu diproduksi oleh tulang rawan sendi akan keluar beserta kantong yang terbentuk. Kantong kista gangglion ini akan bertambah besar dan tegang dan dengan sendirinya akan menjadi nyeri dan mudah tegang serta pegal.

      Benjolan ini jika di tekan kerasakan pecah dan benjolan akan kempes , hanya saja karena kantong masih ada maka benjolan akan kembali terbentuk dalam waktu yang singkat.

      Tindakan terbaik memang adalah melakukan operasi dengan bius lokal dimana kantong di kurang dan di perbaiki serta cairan sendi yang berbentuk spt jelly di keluarkan. Memang cukup sering kemungkinan kembali setelah operasi dan ini sangat tergantung pengalaman dan keahlian operator atau ahli bedahnya. Namun dari pengalaman kami cukup besar kemungkinan keberhasilan operasi dan kegagalan yang sedikit. tks

      Hapus
    2. Alhamdulillah dibales horeeeeeeeee makasih ya Dokter yg baik mau menyempatkan u/ membalas pesan ini.
      owh jadi seperti itu ya dok dia didalam'a mempunyai kantong. oh ya 4bulan yang lalu ganglion saya ada dua, dimana posisi'a itu didepan percis ganglion yg pertama yg besar. dan saat itu saya sadari tidak lama kemudian tangan saya merasakan pegal dan sakit yg luar biasa sampai bergerak sedikit pun terasa sakit. tapi tidak lama kemudian dia mengecil sampai akhir'a kempes. saya kira akan sembuh dan bakal mulai sedikit2 menghilang. Ternyata saya salah, pas saya cek saya pegang2 yg kecil didepan'a itu tidak ada. Keesokan hari'a posisi yg se besar ini mulai mengeras lagi. sampai sekarang masih sama ukuran besar'a.

      Saya mau melakukan operasi tapi saya masih takut, takut ga sampai bener2 bersih dok, saya ingin benar2 percaya ada penjaminan kalau operasi'a bener2 bersih agar tidak muncul lagi setelah Operasi. karna kata'a setelah operasi ganglion ini bisa muncul'a di Lain tempat Astagfirullah.

      Hapus
  5. Assalamualaikum, Dok, umur saya sekarang 18 tahun. dulu sewaktu saya berumur 5 tahun, saya memiliki benjolan di pergelangan tangan kiri saya, lalu diperiksakan ke dokter dan benjolan itu disedot dengan jarum besar,yg keluar semacam jelly bening. tapi setahun kemudian, benjolannya muncul lagi ditempat yg sama. lama kelamaan benjolannya hilang juga. sampai pada bulan november 2013 kemarin, saya merasakan ada benjolan yg sama, namun posisinya skrg tdk di pergelangan tangan lagi, tapi di belakang telinga kanan saya. apakah itu ganglion dok? sama seperti yg ada dipergelangan tangan saya dulu? terimakasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ..nisa..anda mengalami benjolan pada pergelangan tangan kiri dan setelah di sedot dengan jarum besar dan hilang . dan saat ini muncul benjolan di belakang telinga kanan . Dari penuturan anda kami harus memastikan bahwa kedua benjolan ini berbeda sebab benjolan di pergelangan tangan hampir selalu adalah suatu gangglion yang isinya berasal dari sendi atau sarung otot. sedangkan di kuping tentu tidak ada sendi dan biasanya dapat berupa kista aterom , lemak atau kalau keras kerap merupakan suatu keloid.tks

      Hapus
  6. Salam pak dokter yg baik.
    Ganglion di pergelangan tangan kiri area luar saya kambuh lagi. Sebelumnya telah dibedah dgn irisan membujur agar vena tdk terpotong. Bolehkah tuk yg kedua diiris melintang? Apa efeknya jk vena terpotong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mas azmil..Anda mengalami ganggion dan telah di lakukan operasi membuang ganglion pada pergelangan tangan secara sayatan memanjang atau membujur . maksudnya agar vena tidak terpotong . Tujuan sayatan pada kulit ada bermacam 2 . tentu selain memudahkan akses ke sasaran operasi dan menghindari mencederai bagian 2 tubuh vital terutama pembuluh darah baik arteri maupun vena , syaraf , kelenjar limfe , otot dan tendon. pemahaman dokter bedah tentang anatomi dan fungsi jelas sangat di perlukan dalam tindakan pembedahan.jika massa lebih baik di buang melalui insisi melintang kenapa tidak , namun mesti di ketahui bahwa memotong vena jika di permukaan biasanya tidak menimbulkan masalah , namun jika memotong vena dalam sebaiknya mesti di perhitungkan , apalagi sampai memotong arteri ini yang mesti di ketahui.Vena luar terpotong tidak ada evek apa-apa asal vena dalamnya masih baik , karena dalam waktu tertentu vena akan membentuk aliran kolateral baru...tks

      Hapus

leave a comment please..