Sabtu, 07 April 2012

Luka granulasi what next ?



Sering kita jumpai luka seperti ini sehari-hari dtengah - tengah masyarakat. Kerap juga di jumpai pada keluarga dekat maupun jauh , tetangga dan kenalan. Luka sudah merah , nyeri sudah berkurang , daging sudah tumbuh tapi kan luka masih terbuka . mohon di beri advis ini luka selanjutnya mau di apakan.Apalagi luka sudah tidak mengganggu lagi sewaktu berjalan atau bekerja.

Luka ini disebut luka yang mulai menyembuh dengan infeksi yang sudah terkontrol.Atau disebut luka yang telah mengalami granulasi.alias sudah mulai terbentuk jaringan penyembuhan.

Masalahnya luka ini cukup besar dan untuk menutup sempurna tentu memerlukan waktu yang cukup lama sampai menyerupai kulit yang kering dan tertutup. Pilihan kita sebeagai penderita atau orang yang menangani kasus seperti ini ada 2 :

1. Tentu melakukan perawatan secara konservatif di mana dilakukan perawatan setiap hari dengan mencuci luka menggunakan cairan normal salin atau Infus NaCl.0,9 % dan membiarkan permukaan luka mengecil seiring dengan perjalanan waktu.Tentu kondisi seperti ini sangat mempengaruhi kerja dan produktifitas penderita.Kemudian penderita harus tetap makan obat-obat untuk menghindari nyeri dan infeksi.Kelemahan lain jika luka terbuka tersebut kembali mengalami infeksi oleh suatu sebab dan hal-hal lain , tentu ini akan memperpanjang masa istirahat dan sangat kontra produktif.

2. Pilihan kedua tentunya harus di lakukan tindakan operasi untuk menutup luka yang telah mengalami granulasi dengan kulit pendrita itu sendiri . Kenapa..? sebab dengan kulit orang lain sangat sulit bisa diterima karena sering terjadi proses reject atau penolakan dari anti body tubuh penderita terhadap benda asing yang di gunakan. Tindakan ini namanya operasi tandur kulit atau sering di sebut oleh dokter sebagai tindakan skin graft.Biasanya di ambil dari kulit paha . Ada tindakan skingraft atau tandur kulit yang tipis aja dengan alat tertentu berupa pisau atau yang di sebut humbiknife dll kulit paha di ambil dengan ketebalan tertentu sesuai yg di inginkan.Lalu kulit tersebut di rendam dengan cairan anti biotik beberapa lama kira-kira 15 menit dan kemudian di tempelkan ke luka yang mengalami granulasi.Tentunya luka tersebut telah di bersihkan dan permukaannya di ratakan dengan cara di sayat tipis untuk membuang permukaan yang kotor dan menimbulkan titik-titik perdarahan sehinggga kulit tandur yang akan ditempelkan dapat suplai darah yg cukup untuk terhindar dari nekrotik atau kematian jaringan dan mempunyai cadangan kalori yang cukup untuk membentuk neovaskular atau pembuluh darah baru dan kolateral dari pembuluh darah tersebut.Kelemahannya tentu tindakan in dilakukan melalui operasi yang sedikit berbiaya besar . Namun jika di kalkulasi dengan teliti dengan tindakan konservatif setiap hari , obat dan produktifitas yg rendah tentunya bisa sama atau malah lebih rendah.

Kalau hal ini terjadi pada kita yang mana yang akan di pilih .....?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..